Powered By Blogger

Pengunjung

Kamis, 09 Juni 2011

Makalah Public Relations (PR dan Media Sosial)

KETERGANTUNGAN PR TERHADAP MEDIA SOSIAL (INTERNET)



KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat ALLAH SWT, yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya  sehingga penyusunan dalam pembuatan tugas ini dapat dikerjakan dengan baik dan lancar.
 Tugas ini disusun untuk dikumpulkan sebagai  tugas pra uas semester 2 mata kuliah Dasar – dasar Public Relations dengan judul “KETERGANTUNGAN PR TERHADAP MEDIA SOSIAL (INTERNET)”.
Terima kasih disampaikan kepada Ibu Winda Hardyanti Harsono, S.sos. selaku dosen mata kuliah Dasar – dasar PR yang telah mengajar dan memberikan kuliah hingga kami sedikit banyak mengerti apa itu PR. Saran dan kritik saya harapkan dari pengunjung blog ini, demi kelancaran dalam hal belajar. Demikian kata pegantar dari saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


DAFTAR ISI

KETERGANTUNGAN PR TERHADAP MEDIA SOSIAL (INTERNET)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB  I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Tujuan
1.4  Manfaat
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Definisi Public Relations
2.2  Definisi Media Sosial
2.3  Ketergantungan PR terhadap Media Sosial
BAB III KESIMPULAN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
`          Internet adalah alat yang digunakan sebagai media, guna berhubungan dengan baik teman, rekan kerja, guru, dosen, dll. Kebutuhan terhadap internet saat ini semakin meningkat. Dilihat dari data pengguna Internet Indonesia 2006-2010 versi IDC, PT Telkom, dan Nokia Siemens Network, tiap tahunnya jumlah pengguna internet mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dari tahun 2006, pengguna internet mencapai 20 juta, selanjutnya menjadi 25 juta di tahun 2007, 31 juta (2008), 40,4 juta (2009), serta 48,7 juta pada akhir tahun 2010 lalu. Angka ini sejalan dengan posisi pengguna Facebook dan Twitter di Indonesia yang sangat banyak.
      Kemudahan, efisiensi waktu dan biaya yang relative murah membuat internet banyak dipilih sebagai media komunikasi. Selain itu, hampir setiap profesi pekerjaan membutuhkan internet sebagai media komunikasi. Salah satu profesi yang menggunakan jasa internet sebagai media komunikasi adalah profesi Public Relations. Kenyataannya sampai saat ini Internet sangat memiliki dampak dan pengaruh yang besar pada bagaimana fungsi profesional Public Relations (PR). Seperti akhir-akhir ini, media sosial online mengubah wajah PR sehingga terdapat suatu perspektif, paradigma dan kekuatan yang baru bagi seorang PR dalam melaksanakan fungsi dan tugas profesional PR.
1.2  Rumusan Masalah
  1. Apakah definisi Public Relations?
  2. Apakah definisi media sosial (internet)?
  3. Bagaimana ketergantungan profesi PR terhadap media sosial (internet)?
1.3  Tujuan
  1. Untuk mengetahui definisi Public Relations dan seperti apa profesi PR.
  2. Untuk mengetahui definisi media sosial (internet).
  3. Untuk mengetahui ketergantungan profesi PR terhadap media sosial (internet).
1.4  Manfaat
  1. Memberikan wacana mengenai profesi Public Relations
  2. Memberikan gambaran mengenai pentingnya internet di dunia profesi PR

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Definisi Public Relations dan Profesi Public Relations
2.1.1 Public Relations
Untuk mendefinisikan Public Relations, ada beberapa pendapat yang telah menjelaskan apa itu Public Relation. Salah satunya adalah pendapat dari Frank Jeffkins (2003), Public Relations adalah suatu bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
Secara umum, Public Relations adalah proses interaksi dimana public relation menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, bertujuan menanamkan keinginan baik, kepercayaan saling adanya pengertian, dan citra yang baik dari publiknya. Crystallizing Public Opinion menyebutkan bahwa public relation adalah profesi yang mengurusi hubungan antara suatu perusahaan dan publiknya yang menentukan hidup perusahaan itu (Widjaja,2001).

2.2 Definisi Media Sosial
            Tidak dipungkiri di dalam kehidupan bermasyarakat diperlukan adanya relasi atau hubungan. Dalam menjalin hubungan, masyarakat memerlukan perantara guna melakukan komunikasi dengan menggunakan bahasa dan isyarat. Perantara dan informasi, merupakan cara atau sistem yang memungkinkan komunikasi dengan relasi berlangsung lancar. Jadi menurut saya media sosial adalah alat perantara masyarakat yang berguna sebagai komunikasi antara orang satu dengan orang lain agar komunikasi berjalan lancar.

2.3 Ketergantungan PR terhadap media sosial (internet)
            Dalam menjalankan pekerjaannya, PR tidak dapat terlepas dari internet atau biasa juga disebut media sosial. Ini dikarenakan media sosial adalah perantara antara PR dengan khalayak publik. Guna memperlancar komunikasi dengan khalayak publik, biasanya PR menggunakan media internet. Misal : Facebook, Yahoo Messenger, Twitter, dan banyak lagi media internet lainnya. Ini digunakan PR agar komunikasi antara PR dank lien dapat lancer. Kita ketahui bahwa internet adalah tempat komunikasi antara komunikan satu dengan komunikan yang lain yang dilakukan di dunia maya, selain lebih eisien tempat,efisien waktu, mungkin juga lebih efektif dalam segala hal.
            Oleh karenanya dalam pekerjaannya PR sedikit banyak menggantungkan ke efesien waktu dan tempat pada media sosial yang lebih khusus disebut media internet. Karena kesibukan PR yang padat, seyogyanya PR menggunakan media sosial agar lebih efektif dalam menjalankan pekerjaannya.
           


BAB III
KESIMPULAN

            Adanya media sosial adalah kesempatan bagi kita dalam mempersingkat efesiensi waktu, tempat kita dalam berkomunikasi. Begitupula dalam PR, PR dan media sosial tidak dapat di lepaskan begitu saja. Ketergantungan PR dalam media sosial sangatlah beralasan, ini dikarenakan jadwal yang sibuk dari seorang PR. Oleh karenanya media sosial sangat berguna, guna efisiensi kerja PR agar dapat komunikasi antara PR dan costumer berla baik dan lancar.


DAFTAR PUSTAKA

Yani A. (2011). Pengertian media sosial. http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2117296-pengertian-media-sosial/ diakses tanggal  9 Juni 2011.

Anonym. (2011). Public Relation : Definisi, Fungsi dan Tujuan Public Relation. http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/public-relation-definisi-fungsi-dan.html/ diakses tanggal 9 Juni 2011

Eko S. (2011). Public Relations di Masa Depan Akan Tergantung Pada Media Sosial Online (WEB) http://ekosumaryanto.wordpress.com/2011/04/29/public-relations-di-masa-depan-akan-tergantung-pada/ diakses tanggal 9 Juni 2011

Sharing Vision. (2011). Grafik eksponensial (Survei pengguna Internet Indonesia 2006-2010). http://www.sharingvision.biz/2011/02/07/grafik-eksponensial-survei-pengguna-internet-indonesia-2006-2010/ diakses tanggal 9 Juni 2011.




4 komentar: